Cara Efektif Biar Cepat Diterima Kerja

Pastinya sering dengar kan bahwa banyak orang susah dapat kerjaan dan dah ngelamar pun ga diterima-terima. Kali ini saya kasih tips cara efektif biar cepat dapat kerja.


Nih tips berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman, yang pastinya ga bakal ada di artikel internet manapun, dan tips ini cocok banget bagi yang masih kuliah.

Berikut caranya:

1. Perbagus CV
Setiap harinya pasti HRD nerima ratusan bahkan ribuan CV, lalu gimana cara seleksi paling cepat?
Ya dengan ngeliat IP.

Kalo IP lo diatas 3, ya udah deh aman. Tapi IP diatas 3 aja ga cukup karena persaingan dah semakin ketat, lo setidaknya harus punya pengalaman organisasi, atau kalau ga da pengalaman organisasi ya pengalaman kerja. Pengalaman kerja part time aja cukup, yang penting setidaknya dah nongol di CV bahwa kita dah pernah kerja, itu dah nilai plus banget. Intinya kalo kita dah ada pengalaman kerja, itu dah dipandang beda banget dibanding orang yang belum pernah kerja.

Kalo IP dibawah 3 gimana?
Bisa sih cuma lebih susah, intinya harus cerdik aja. Bisa pake cara begini yakni tepat setelah kita tulis IP yang dibawah 3 itu, dibawahnya langsung lampirin point kelebihan utama lo, misal pernah kerja atau pernah organisasi.

Kalo ga pernah kerja dan ga ikut organisasi trus IP dibawah 3 gimana?
Itu bener-bener parah banget sih, tapi tenang masih ada harapan kok. Caranya ya banyakin aja ikut seminar atau pelatihan kerja.

Setidaknya itu bisa dipajang di CV, dan itu nunjukin bahwa setidaknya kita dah usaha pernah ikut pelatihan dan seminar yang banyak. Tapi lebih baik ada pengalaman kerja  sih kalo buat yang IP-nya dibawah 3, karena itu bisa jadi alasan kalo kita sibuk kerja, mungkin karena perlu bantu keluarga, jadi belajar agak terbengkalai.

Btw, kalo ga pernah ikut organisasi, ya buat aja organisasi sendiri kecil-kecilan sama teman, setidaknya bisa buat masukin CV.

Intinya CV jangan sampe kosong banget alias cuma lampirin riwayat pendidikan dan IP doang, kecuali IP lo kumlot baru deh diterima, kalo ga mah ngapain HRD nerima orang yang CV-nya kosong begitu. Berusaha semaksimal mungkin supaya CV ga kosong!

Btw, kalo lo ada ngelakuin usaha atau bisnis, misal bisnis online, jangan pernah deh tulis di CV, soalnya perusahaan agak anti sama orang yang bisnis, karena dianggapnya tuh orang ga bisa fokus sama kerjaan. Ya iya sih, mana bisa fokus kalo ngurusin bisnis sambil kerja juga.

2. Ngelamar dari Magang
Pastinya disemester akhir sebelum lulus kuliah bakal ada program magang, atau kalo misal dari SMK bakal ada kerja praktek kan. Nah pastikan ambil kesempatan emas itu, karena dengan magang seleksinya lebih simpel dan chance keterima kerja lebih tinggi dibanding ngelamar biasa.

3. Cari Muka pas Magang!
Ketika diterima magang maka pergunain kesempatan emas ini buat berteman dengan sebanyak mungkin orang di tempat kerja itu. Intinya cari muka aja deh ke atasan, ga cukup dengan kerja yang bagus, lo juga harus bisa nyambung ngobrol ke atasan, dan buat orang-orang ditempat kerja itu jadi suka sama sikap lo.

Soalnya kalo di Indonesia tuh lebih diutamakan orang yang bisa berbaur dengan lingkungan tempat kerjanya, semakin lo gampang bergaul dan cari muka ke atasan pasti bakal makin disegenin. Bukan cuma di Indonesia sih, di seluruh dunia kayanya juga begitu, yang penting tuh bisa bergaul deh pasti bakal cepat naik jabatan.

Walaupun lo pinter banget, tapi kalo lo pasif alias cuma mentingin kerjaan dan kurang bisa bergaul dengan lingkungan tempat kerja lo, ya itu sih chance diterimanya bakalan kecil dan bakal susah naik jabatan juga kalo begitu.

Btw gimana kalo ga ikut magang, dan mau pake jalur biasa.

Ya intinya sih bagusin CV dulu, dan kalo udah dipanggil wawancara, lo harus bisa nunjukin bahwa lo tuh bukan orang kuper atau ga bisa bersosial. Intinya pakai pakaian yang RAPI, gaya bicara SOPAN, serta tunjukin bahwa lo orangnya ASIK. HRD tuh lebih milih orang yang pinter bergaul, alias orang yang pinter ngomong dibanding orang yang pasif.

4. GAJI
Saya banyak banget nemuin orang gagal diterima kerja karena masalah GAJI ini.

Kalo pas diwawancara dan ditanya mau gaji berapa? JANGAN JAWAB PAKE ANGKA!
Kecuali lo dah ada pengalaman kerja yang mantap banget baru deh ada nilai jual, kalo ga mah jangan pernah nawar gaji deh.

Setiap perusahaan tuh udah ada budget tertentu buat gaji, jadi kalo lo tawar gajinya ketinggian ya otomatis lo bakal dicoret.

Kalo ditanya gaji ya bilang aja, "TERSERAH PERUSAHAAN". Dengan lo ngomong begitu, HRD bakal anggap lo orang yang diplomatis, dan dia jadi bisa kasih lo gaji sesuai budget perusahaan.

Tar kalo lo dah jago baru deh boleh tawar-menawar gaji, kalo masih newbie mah jangan macem-macem deh.

Selesai sudah tipsnya ~

Intinya sih CV jangan kosong, Pandai Bergaul / Cari Muka, serta Ga usah tawar menawar Gaji.

Pegang teguh ketiga pedoman diatas, itu pasti bakal buat lo cepet banget diterima kerja.
Percaya aja deh, kalo ga percaya cobain aja. Semoga cepat dapet kerja ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar