Beli Rumah atau Apartemen, mana yang lebih baik?

rumah atau apartemen
Ketika anda sudah mempunyai uang untuk membeli properti, pasti anda akan dibingungkan oleh kedua tipe properti ini yakni rumah dan apartemen. Tapi sebenarnya simpel saja, karena membeli rumah atau apartemen itu tergantung tujuan dasarnya apa.


Mari saya jelaskan secara singkat, padat, dan jelas sehingga anda bisa mengerti perbedaan signifikan antara kedua tipe properti ini.

Berikut perbandingan antara Rumah dan Apartemen

1. Luas
Jika membandingkan apartemen dan rumah dengan harga yang sama tentunya luas apartemen tersebut tidak akan bisa mengalahkan luas rumah. Apalagi jika letaknya di pusat kota paling apartemen cuma bisa dapat 1 kamar kecil dengan kamar mandi di dalam. Bandingkan dengan rumah dengan harga yang sama bisa dapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan gudang, tapi ya harga tentunya tergantung lokasi juga.

Jadi intinya dari segi luas, rumah tentunya lebih baik daripada apartemen.

2. Lokasi
Jaman sekarang, apalagi anda tinggal di Jakarta, sangatlah susah dapat rumah yang letaknya di pusat kota. Tapi tidak halnya dengan apartemen, karena masih tersedia banyak sekali apartemen yang letaknya di pusat kota. Jadi kalau dibandingkan dengan rumah, tentunya apartemen jauh lebih mudah mendapatkan lokasi yang strategis ketimbang rumah.

3. Perawatan & Fasilitas
Rumah lebih sulit dirawat daripada apartemen. Kalau ada bocor, mati listrik, pompa rusak, tentunya kalau anda tinggal di rumah anda harus urus itu semua sendiri. Beda halnya dengan apartemen, anda tinggal menghubungi pihak developernya aja.

4. Privasi
Kalau anda suka bersosialisasi alias ikut kegiatan lingkungan, tetangga, dan semacamnya, tentunya anda harus tinggal di rumah. Kalau apartemen tidak begitu, karena memang didesain seperti hotel maka antar sesama pemilik jarang berkomunikasi dan cenderung individualistis. Jadi dalam hal privasi lebih baik di apartemen, karena anda tidak perlu dipusingkan dengan tetangga dan lingkungan.

5. Investasi
Dalam hal invetasi, rumah lebih bagus daripada apartemen, karena dengan beli rumah maka anda dapat hak atas tanah tersebut, tapi ini tergantung developernya sih. Intinya rumah lebih gampang dijual dan harganya lebih cepat naik dibandingkan dengan apartemen.

Rumah juga pastinya lebih gampang dijadikan tempat untuk usaha, misalnya sebagai gudang penyimpanan barang, atau bisa buka tempat makan di garasi rumah anda, kalau apartemen ya ga bisa.

6. Sewa
Inilah keunggulan apartemen dibandingkan rumah yakni dalam hal sewa. Kalau anda punya apartemen maka anda lebih mudah cari orang yang mau menyewa dan juga biaya perawatan sehabis orang itu selesai menyewa juga jauh lebih murah. Kalau rumah disewakan akan lebih rawan rusak, dan pastinya  bakal keluar biaya yang besar untuk memperbaikinya.

Harga sewa rumah dan apartemen juga terbilang sama, bahkan bisa lebih mahal apartemen. Tapi ya itu semua tergantung lokasi apartemen anda, intinya jika lokasi bagus maka harga sewa juga lebih baik.

Begitulah intinya.

Jadi kalau anda incar harga sewa, lokasi, kepraktisan, dan privasi maka Apartemen lah pilihan terbaik.

Tapi kalau anda incar kenaikan harga jual jangka panjang, luas tempat, dan anda orang sosial maka Rumah lah pilihan terbaik.

Kalau anda belum punya properti sama sekali, maka sebaiknya pembelian pertama adalah beli rumah dulu, karena rumah adalah investasi masa depan, dan tentunya bisa buat keluarga anda.

Sekian :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar